Sabtu, 15 November 2014

Guru yang Tak Menggurui

   
   
Si Guru akhirnya masuk kelas dengan wajah kusamnya yang khas, sekusam kaos oblong kuli bekas. Kalo ada pemutih langsung aku cuci ditempat itu muka. Segera Si Guru melangkah ke meja langganannya dan memencet remot LCD.
   
"Pagi." ucap Si Guru dengan suara datar, datar nyebelinnya, tapi aku tetap berpikir positif. Siapa tau Si Guru lagi kecapekan, karena baru selesai tur keliling RTnya.

Tanpa basa basi lagi pelajaran dimulai. 5 menit pertama aku mengikuti pelajaran penuh konsentrasi. 10 menit masih agak konsen. 20 menit pingsan ditempat. Pelajarannya ngebosenin banget! Si Guru cuman baca apa yang ada di LCD dengan cepat, gak ada waktu buat mencatat. Si Guru kayak gak niat ngajar.

Aku tetep nyoba konsen tapi hati nolak. Mungkin hati ingin ngasih tahu kalo ada ketidak niatan dalam pengajarannya. Guru lanjut memberi soal, aku berusaha keras mau ngerjain. tapi karna gak begitu ngerti dan otak yang mulai kram, aku berusaha ngerjain semampunya.



Waktu itu aku duduk di depan, karena udah 2 harian dispen buat teater aku berusaha belajar semaksimal mungkin. saat mulai ngerjain, Si guru mulai memperhatikan ku. Aku paling males kalo ngerjain diliatin, gak nyaman dimata-matai gitu.

"Itu kok bisa dapet segitu?" tanya Si Guru Datar
"Dari sini pak." menunjuk buku dengan rendah hati
"Berarti pemahaman mu kurang." dengan datar datar congkak
"Terus yang bener gimana pak?"
Dia langsung bergerak ke depan ambil posisi center. persis kayak melody JKT48 obesitas. Si Guru bersiap berpidato.
"Kalian ini setiap diajarin diperhatikan, setiap perkataan saya diingat! jangan sesukanya pake cara sendiri, memangnya guru kalian bodoh?!"
Banyak banget yang dia omongin. yang jelas semuanya negatif, banyak mengandung kata jangan dan tidak.
 
Tiba-tiba aku langsung flashback ke saat pertama kali dia ajarin. Saat itu aku sangat bersemangat mau menjalani pelajaran, dan seperti biasa menanyai sesuatu yang tak pernah terpikirkan orang-orang. mereka mengira pertanyaan ku aneh, bahkan cengengesan. Padahal itu adalah cara ku dalam memahami materi. Aku malah dimarahi saat bertanya. Aku dianggap tidak serius mengikuti pelajaran. Padahal setiap orang punya cara sendiri-sendiri dalam belajar, dan itu caraku.

Sejak kejadian itu aku tak pernah bertanya lagi, prestasi ku juga jadi menurun. Saat SMP dulu aku selalu ranking 1, sekarang SMA paling maksimal dapet 10 besar. Aku kehilangat gairah belajar ku,

Sebelum itu temen ku juga ada yang dimarahi karena tertawa, padahal dia tertawa karena ingin membenarkan tulisan guru yang salah.

Entah apa yang terjadi pada Si Guru. Dia menolak cara belajar yang asik, menyenangkan dan penuh semangat belajar. Dia lebih memilih cara yang kaku, menegangkan dan membosankan.

Aku hanya berharap guru itu bisa lebih baik lagi pembelajarannya menjadi lebih fleksibel dari watak dan tubuhnya.

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen apa aja sesuka hati kalian. kalo jelek tinggal aku spam, HUAHAHAHAHA